Sunday, 3 January 2016

Da Conspiracao

Pengarang: Afifah Afra
Penerbit: PT Indiva Media Kreasi
Tahun terbit: 2012
Tebal : 632 hal;20 cm
ISBN: 978-602-8277-66-2
Bendara Raden Mas Rangga Puruhita, pemuda terpelajar, cerdas, visioner, lulusan sarjana ekonomi Universitas Leiden, dan seorang ningrat jawa keturunan Pakubuwono X. Ia diasingkan ke Ende, Flores, NTT karena terlibat dalam gerakan melawan kekuasaan pemerintahan Hindia Belanda. Ia bertemu banyak orang orang yang membuat pengalamannya sebagai seorang Interniran bak permen nano-nano. Maria Dewi Pan Versie, Haji Abdullah, Mari Nusa, Herman Zondag, Tuan Van Persie, Hans van Persie. Dan tentunya Tan Sun Nio.


Tan Sun Nio. Gadis yang cerdas, jelita serupa Dewi Kwang Im, ambisius, dan keras kepala. Seorang yang terlahir dari keturunan Tionghoa konservatif. Ia dikhianati calon kekasihnya tepat pada saat ia akan dilamar. Awalnya Papahnya, Tan Kwat Hun, tidak menyetejui ia menikah dengan dengan seorang Holland Spreken/kebelanda-belandaan dan ragu lelaki itu akan datang sebab sudah berjam-jam ia telat dari janjinya untuk datang, hingga ia membuat bertaruh dengan papanya " Jika Daniel Lim tidak datang melamarku malam ini, aku akan bersedia menjadi budak Koko Seng Hun, sampai ada yang bersedia menghinakan diri untuk melamarku."
Janji adalah janji, pantang bagi seorang Tan Sun Neo untuk ingkar. Akhirnya ia pergi meninggalkan Solo dan pergi k Ende. Ia kemudian menjadi  ahli waris kakaknya yang dibunuh sebulan kemudian ketika ia menginjak Ende, ia akhirnya menjadi jutawan dengan kekayaan sekitar 3 juta gulden. Ia harus menghadapi berbagai hal termasuk terseret dalam sebuah konspirasi yang tidak ia sadari. Ramos Fernandez, Tuan Reyst, Djanggo de Silva, adalah sederetan orang2 yang ia percaya ternyata berada di balik semua itu.
Perjuangan dan pengkhianatan akhirnya mempertemukan dan hampir menyatukan mereka di Ende. Daerah yang masih labil sebab baru beralih kekuasaan dari Portugis ke Belanda. Daerah yang penuh bara, mereka terjebak dalam sebuah konspirasi yang rumit. Konspirasi yang melibatkan sekelompok bajak laut yang dikoordinir secara rapi menyerupai Mafioso di Sisilia: Bevy da Aguia Leste.
Novel ini adalah seri ketiga dari Trilogi De Winst. Membaca novel ini, kita tidak hanya dihadapkan dengan alur yang seru dan menantang juga petualangan2 yang dialami oleh tokoh2 di dalamnya, tapi juga mendapat pengetahuan tentang tokoh2 yang kita perlu baca biografinya seperti  dr San Yut Seng, Laksama Cheng Ho, Wong Fei Hung, Soekarno, Hatta, M. Yamin, dan masih banyak lainnya.
Novel ini juga sedikit memgerikan kita gambaran tentang kondisi geografi Ende yang Kaya dan juga indah, tidak hanya sumber pertanian dan lautnya tapi juga pertambangannya.
Novel ini adalah novel sejarah dengan latar Indonesia sekitar tahun 1930an. Kita tidak hanya disajikan tentang kondisi2 penjajahan, tapi juga seolah kita bisa merasakan bagaimana kejam dan tak adilnya sebuah penjajahan.
Ad banyak nilai yang bisa kita adopsi dari novel ini seperti kedisplinan, ketekunan, keyakinan, dan juga perjuangan sebab setting dari novel ini adalah Perjuangan melawan penjajahan Belanda.
Selamat membaca!

0 comments:

Post a Comment

 

Azkia Rostiani Rahman Template by Ipietoon Cute Blog Design